Minggu, 07 Desember 2025

Benarkah Mematikan Motor Dengan Standard Samping Bisa Merusak Aki



Anda pastinya sudah tidak heran, atau pernah mendengar bilang mematikan mesin motor dengan standard samping bisa membuat motor rusak terutama pada bagian aki. Dan hal ini seperti sudah umum dalam keseharian terutama pada motor keluaran Honda. Apa benar demikian, penasarankan berikut ulasan dibawah ini.👇

Mematikan mesin motor dengan menurunkan standar samping (side stand) adalah kebiasaan yang lazim dilakukan oleh banyak pengendara di Indonesia dan global, terutama pada motor matik dan beberapa motor sport modern.

Kebanyakan motor keluaran baru memang sudah dilengkapi dengan fitur keamanan Side Stand Switch yang secara otomatis memutus aliran listrik dan mematikan mesin saat standar diturunkan.

Namun, kebiasaan praktis yang sangat menghemat waktu ini seringkali diselimuti stigma yang mengatakan bahwa mematikan mesin dengan cara ini dapat menyebabkan aki motor menjadi cepat soak atau berpotensi merusak komponen kelistrikan inti lainnya. Stigma ini telah mengakar kuat di kalangan pengendara lama.

Benarkah kekhawatiran tersebut beralasan, atau justru itu hanyalah mitos yang diwariskan dari motor generasi lama yang sistem kelistrikannya belum secanggih sekarang?

Untuk menjawabnya, kita perlu memahami bagaimana sistem keselamatan ini bekerja dan mengapa fungsinya dirancang sedemikian rupa oleh pabrikan, bukan hanya sebagai fungsi sekunder, melainkan sebagai fitur keamanan utama.

Secara umum, mematikan mesin dengan standar samping tidak akan membuat aki soak. Fitur ini dirancang sebagai sistem keselamatan wajib yang sangat andal dan efisien dalam memutus daya.

Justru, masalah aki soak lebih sering disebabkan oleh faktor eksternal, seperti usia aki yang sudah lewat masa pakai (normalnya 2–3 tahun), masalah pada komponen pengisian daya (seperti kiprok atau spul), atau penambahan aksesoris listrik yang melebihi kapasitas daya motor.

Fungsi utama Side Stand Switch adalah mencegah kecelakaan serius akibat pengendara lupa menaikkan standar samping saat motor bergerak, memastikan perjalanan selalu aman dan terhindar dari risiko tergelincir mendadak saat berbelok.

Fungsi Utama: Ketika standar samping diturunkan, sakelar ini akan tertutup (atau terbuka, tergantung desainnya), mengirimkan sinyal ke ECU (Electronic Control Unit) atau CDI (Capacitor Discharge Ignition) motor.

Cara Kerja: Sinyal tersebut memerintahkan ECU untuk menghentikan suplai bahan bakar (pada motor injeksi) atau memutus arus listrik ke koil pengapian, sehingga mesin motor mati seketika. Proses ini instan dan terkontrol.

Tujuan: Sistem ini adalah fitur keselamatan yang mutlak. Fitur ini bertujuan untuk memastikan mesin tidak bisa hidup atau segera mati jika standar samping belum dinaikkan, sehingga mencegah motor tergelincir atau oleng saat berbelok.


Patahkan Mitos "Bikin Aki Soak"



Kekhawatiran bahwa mematikan mesin menggunakan standar samping dapat membuat aki soak adalah Mitos. Ada beberapa alasan yang mendukung fakta ini :

Proses yang Terkontrol: Sistem Side Stand Switch mematikan mesin dengan memutus pengapian/injeksi secara elektronik, bukan dengan cara short circuit (korsleting) atau memaksa. Proses ini tidak menghasilkan lonjakan listrik yang signifikan yang dapat merusak aki atau komponen ECU.

Aki Hanya Digunakan Starter: Beban terbesar pada aki adalah saat menekan tombol starter atau saat menyalakan lampu (untuk motor lama). Mematikan mesin, baik menggunakan kunci kontak maupun standar samping, tidak menambah beban pada aki.

Faktor Penyebab Aki Soak Sebenarnya: Apa penyebab utama aki soak? Usia pakai (rata-rata 2–3 tahun), pengisian daya yang tidak optimal (masalah pada kiprok atau spul), serta penggunaan aksesoris listrik yang berlebihan (overloading) tanpa penambahan daya yang memadai.


Pentingnya Kebiasaan Mematikan Mesin yang Benar

Turunkan Standar Samping : Matikan mesin menggunakan Side Stand Switch (jika ada).

Matikan Kunci Kontak: Kunci kontak harus dimatikan (OFF) setelah mesin mati. Karena jika kunci kontak tetap pada posisi ON (meskipun mesin sudah mati oleh standar samping), beberapa komponen kelistrikan minor (seperti indikator, lampu senja pada beberapa model) masih menarik daya dari aki, dan ini dapat menguras aki secara perlahan jika dibiarkan dalam waktu lama.

Kunci Stang : Kunci stang untuk keamanan.

Nah. Bagaimana dengan anda nih yang terkadang masih suka risih bila mematikan motor dengan standard samping? Sekarang tak perlu khawatir lagi yaa, tapi perlu anda ingat juga, setelah mematikan motor dengan standard samping jangan lupa kunci kontaknya di Offkan juga yaa. Jangan biarkan On terus meski kondisi motor sudah mati.


Sumber : Liputan6



~ THANK ~ YOU ~


Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Terimah Kasih Sudah Meluangkan Waktunya Diblog Ini...

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda

Testing